Mengenal Sapi Limosin

Mengenal Sapi Limosin

Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang Sapi Madura, pada kesempatan ini saya akan menulis tentang sapi limosin. Sapi Limosin merupakan salah satu jenis sapi pedaging yang berasal dari perancis. Sapi ini sangat disukai peternak, dengan bentuknya yang besar tentunya sapi limosin ini harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis sapi lokal lainnya yang ada di Indonesia.

Ciri-ciri sapi limosin
Warna bulu merah coklat, tetapi pada sekeliling mata dan kaki mulai dari lutut ke bawah berwarna agak terang. Ukuran tubuh besar dan panjang, pertumbuhan bagus. Tanduk pada jantan tumbuh keluar dan agak melengkung.

Keistimewaan sapi limosin
Pertumbuhan lebih cepat
Bentuk, berat dan ukuran jauh lebih tinggi dibandingkan sapi lainnya

Cara ternak sapi limosin
Bangunan kandang sapi sangat tergantung kepada ketersediaan dana. Namun, secara umum, kandang sapi harus bisa melindungi sapi dari perubahan cuaca dan pengaruh iklim lokal. Suhu sapi berkisar antara 38-39 C. Nah, untuk kandang sapi sendiri itu memiliki tiga tipe kandang, yaitu kandang dinding yang tertutup, setengah terbuka dan terbuka. Kandang sapi terbuka dan setengah terbuka biasanya ada pada di dataran rendah yang panas namun tiupan anginnya tidak terlalu kencang. Sedangan kandang dengan mengunakan dinding tertutup biasanya digunakan di daerah dingin yang berangin kencang.

Selain yang diuraikan di atas, hal yang harus diperhatikan lagi adalah perlengkapan peralatan kandang untuk ternak sapi. Berikut beberapa diantaranya:
  1. Tempat pakan dan minum, nah untuk tempat pakan dan minum sebaiknya digunakan yang terbuat dari bahan yang tidak melukai, bisa kayu ataupun tembok. Sedangkan tempat minum berupa ember plastik namun tidak mudah pecah. Tempat makan dan minum ini harus dirancang dan ditempatkan sedemikian rupa agar sisa sisa-sisa pakan tidak berceceran.
  2. Tempat tambat. Tambat sapi merupakan tiang untuk mengikatkan sapi agar tidak terlalu banyak. Tempat tambat ini bisa kamu buat secara khusus atau kamu satukan dengan struktur kandang, yang harus diperhatikan adalah harus kokoh.
Peralatan kandang, peralatan yang diperlukan untuk ternak sapi adalah sebagai berikut:
  1. Sekop berguna untuk mengaduk pakan dan membersihkan kotoran, nah sebaiknya gunakan 2 sekop yang berbeda untuk keperluan ini.
  2. Garpu untuk mengaduk pakan dan membersihkan kandang.
  3. Emeber digunakan untuk wadah minum dan sanitasi seperti memandikan sapi atau membersihkan kandang.
  4. Sapu lidi, untuk membersihkan kandang.
  5. Selang, sebagai sarana untuk menyalurkan air untuk sanitasi kandang.
  6. Sikat, digunakan sebagai memandikan sapi.
  7. Tali, berguna untuk mengikat sapi ketika ditambatkan atau memindahkan sapi.
  8. Peralatan perawatan kesehatan sapi seperti alat suntik, vaksin dan obat-obatan lainnya.
Kebutuhan Pakan
Pakan berserat (Hijau-hijauan)
  1. Pakan berserat (hijau-hijauan) seperti rumput, leguminosa, dan tanaman lainnya. 
  2. Limbah pertanian seperti jerami padi, jerami jagung, daun kacang tanah, pucuk tebu dan lain-lain.
Konsentrat
konsentrat juga disebut bahan penguat. Terdiri dari biji-bijian, umbi-umbian dan limbah pengolahan hasil pertanian lainnya.
Perawatan Umum
Seperti hewan lainnya sapi haruslah dirawat secara khusus untuk mendapatkan hasil secara maksimal dan tumbuh dengan baik. Berikut ini adalah cara merawat sapi secara umum.
  1. Vaksinasi dan pemberian obat cacing
  2. Bersihkan kotoran di kandang sapi setiap hari. Jika memungkinkan sehari 2 kali. Kebersihan kandang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sapi, agar sapi selalu sehat tidak stres dan terhindar dari penyakit.
  3. Mandikan sapi minimal 2 kali sehari, sikat tubuh sapi hingga bersih.
Harga Sapi Limosin (limousin)
Harga Sapi limosin jantan untuk bakalan umur 2 tahun Rp13,000,000
Harga Sapi Limosin betina untuk bakalan umur 2 tahun Rp10,000,000
Harga sapi limosin pedaging siap potong Rp50,000/ kg (timbang hidup)

Baca Juga artikel lainnya tentang Sapi Bali



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top